Tips Memilih Bahan Ketika Bikin Baju Desain Sendiri

bikin-baju-desain-sendiri

Baju adalah salah satu kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan. Fungsi utamanya yaitu untuk melindungi tubuh dari berbagai paparan, mulai dari paparan sinar matahari, debu, kotoran, bakteri dan sebagainya. Kini model dan juga desain baju sangat beragam, mengingat perkembangannya yang semakin pesat. Bahkan kamu juga bisa bikin baju desain sendiri dengan lebih mudah.

Membuat desain baju bagi orang awam atau pemula dalam dunia fashion cukup sulit. Tetapi dengan adanya aplikasi yang dapat di download melalui ponsel, kini membuat desain baju menjadi lebih mudah. Hal ini disebabkan pada aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai fitur yang memudahkan dalam membuat desain.

Selain membuat desain, memilih bahan juga termasuk langkah yang cukup sulit dilakukan oleh pemula. Untuk itu kamu harus memperkaya ilmu mengenai bahan yang berkualitas.

Tips Memilih Bahan Ketika Bikin Baju Desain Sendiri

Ketika memilih bahan untuk membuat baju harus mengetahui apa saja yang harus diutamakan dan juga dinilai. Nah berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika memilih bahan, yaitu:

1. Memilih bahan yang tidak mudah luntur

Salah satu hal yang harus dikuasi ketika memilih bahan yaitu mampu untuk memilih bahan yang memiliki warna tidak mudah luntur. Ketika memutuskan untuk bikin baju desain sendiri tentu kita ingin mendapatkan baju yang memiliki warna yang tahan lama dan awet. Untuk itu ketika mencari bahan pastikan bahwa warnanya tidak mudah luntur.

2. Mencari bahan yang lembut dan halus

Untuk mendapatkan baju yang nyaman ketika digunakan pilihlah bahan yang memiliki permukaan yang halus dan lembut. Sehingga ketika mengenai permukaan kulit tidak akan menimbulkan iritasi atau rasa tidak nyaman karena permukaannya kasar.

3. Cari bahan yang tidak menerawang

Setiap bahan memiliki ketebalan yang berbeda dan tujuan pembuatan baju juga berbeda-beda. Namun akan lebih baik jika memilih bahan yang tidak menerawang. Karena kita pun akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan bahan yang tipis serta menerawang.

4. Pilih bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik

Ketika bikin baju desain sendiri kita harus ingat bahwa iklim di Indonesia adalah tropis. Dimana suhu udara akan terasa lebih hangat. Sehingga sangat penting untuk memilih bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Agar tetap terasa nyaman digunakan ketika banyak melakukan aktivitas yang membuat kita berkeringat.

5. Perhatikan tenunan serat

Bahan yang memiliki kualitas tinggi akan memiliki hasil tenunan serat yang rapat dan erat. Selain itu harusnya tidak ada celah yang nampak diantara seratnya. Hal ini dapat menjadi indikasi dari kuat atau lemahnya bahan. Dan untuk bahan yang berkualitas memiliki tenunan serat secara vertikal dan horizontal secara seimbang, sehingga permukaan akan lebih kuat.

6. Pertimbangkan faktor penyusutan

Mempertimbangkan penyusutan pada bahan sangat penting untuk dilakukan. Karena hal tersebut akan menyebabkan deformasi produk yang akan menjadi masalah bagi pengguna akhir. Untuk itu kamu harus mengetahui bahan kain akan menyusut setelah proses pencucian. Dan setiap kain memiliki persentase penyusutan yang berbeda-beda.

7. Lakukan pengujian peregangan bahan

Peregangan dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak bisa melar. Setiap bahan memiliki keregangan yang berbeda satu dengan yang lain. Dengan mengetahui hal tersebut kamu dapat menentukan apakah bahan yang akan dipilih akan cocok digunakan pada desain yang dibuat.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan bahan terbaik ketika bikin baju desain sendiri. Lakukan dengan sebaik mungkin agar tidak memilih bahan. Disamping itu juga lakukan perbandingan harga pada beberapa tempat agar mendapatkan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *