Belum Tahu Mau Pilih Bahan Apa Untuk Bikin Baju Online? Berikut 5 Rekomendasinya!

bikin-baju-online

Zaman terus berubah, teknologi semakin canggih, dan digitalisasi semakin meningkat. Sehingga banyak hal yang bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke suatu tempat untuk melakukan sesuatu. Salah satunya yaitu bikin baju online. Jika zaman dulu harus datang langsung ke tempat jasa konveksi untuk memesan. Mulai dari penyerahan desain, pemilihan bahan dan sablon dan juga negosiasi harga dilakukan secara langsung. Namun sekarang semua itu dapat dilakukan secara online.

Membuat baju secara online akan memberikan banyak keuntungan baik secara langsung atau tidak. Diantaranya lebih hemat waktu, tenaga, biaya dan juga lebih efisien. Sehingga orang dengan kesibukan yang padat tetap dapat memesan baju dengan mudah dan juga cepat. Pekerjaan lainnya pun tetap dapat dilakukan tanpa terganggu.

Dibalik keuntungan yang ada memesan baju juga memerlukan persiapan yang tepat. Salah satunya harus memilih bahan yang tepat dan berkualitas tinggi, supaya mendapatkan baju yang terbaik. Karena bahan adalah komponen utama baju, maka kualitas bahan akan menentukan kualitas baju yang didapatkan. 

5 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Bikin Baju Online

Ketika kamu bingung untuk memilih bahan yang seperti apa yang bisa dipilih untuk membuat baju, maka kamu membutuhkan rekomendasi bahan yang terbaik. Kamu bisa meminta masukan dari orang telah berpengalaman atau bisa juga dengan mencari tahu sendiri di internet, seperti yang tengah kamu lakukan saat ini. Nah berikut ini 5 bahan terbaik untuk membuat baju secara online, yaitu:

1. Bahan Polyester

Bahan polyester adalah bahan yang cukup populer dan banyak digunakan oleh produsen baju di Indonesia. Bahan ini termasuk bahan sintetis karena bukan terbuat dari serat alami melainkan buatan manusia. Untuk kualitasnya sangat baik dan harganya cukup terjangkau sehingga tidak heran jika bahan ini sering menjadi pilihan untuk membuat baju. 

Kelebihan bahan polyester antara lain mudah dibersihkan jika ada kotoran yang melekat, kemudian mudah kering jika terkena air. Lalu tidak mudah kusut serta kuat dan tahan lama. Permukaan bahan ini juga halus sehingga nyaman ketika digunakan beraktivitas. 

2. Bahan Rayon

Rekomendasi yang kedua adalah bahan rayon. Bahan ini terbuat dari regenerasi serat selulosa yang berasal dari serat kayu. Kamu bisa memilihnya ketika bikin baju online sebagai bahan utama. Banyak kelebihan dari bahan satu ini, diantaranya lembut dan halus, tidak mudah kusut, memiliki permukaan yang berkilau. Lalu memiliki daya serap yang tinggi terhadap keringat dan juga terasa dingin ketika digunakan karena memiliki sirkulasi udara yang baik. 

3. Cotton Carded

Cotton carded adalah bahan kain yang terbuat dari 100% serat kapas yang dimana proses produksinya melalui penggarukan atau carding. Bahan ini sering dipilih sebagai bahan pembuatan baju, karena memiliki daya serap yang tinggi dan dingin ketika digunakan. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan cotton lainnya.

Namun yang menjadi kekurangannya adalah permukaan yang kurang halus, lembut dan terkadang ada bintik putih. Hal ini karena proses penggarukan kurang efisien untuk membersihkan kotoran dan biji benang pada permukaan bahan. 

4. Cotton Combed

Bahan cotton combed adalah salah satu bahan yang paling populer bagi para produsen baju kaos, terutama kaos distro. Kamu bisa memilih bahan ini ketika bikin baju online karena kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Permukaan bahan yang sangat lembut dan halus, kemudian adem ketika digunakan. Lalu menyerap keringat dengan baik. Serta merupakan bahan yang elastis, sehingga lebih awet tidak mudah molor ataupun sobek. 

5. Cotton Bamboo

Rekomendasi bahan bikin baju online yang terakhir adalah cotton bamboo. Kamu dapat memilih bahan ini untuk membuat baju dengan kualitas premium. Karena banyak kelebihan yang dimiliki dimana tidak ada pada bahan cotton biasa. Mulai dari adanya anti bakteri, anti bau, anti jamur, hypoallergenic, hingga mampu menangkal sinar UV  417 kali lebih baik dari bahan biasa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *